PD Madiun

Hidayatullah Madiun

Pendiri                       : Ustadz Drg. Fathul Adhim

Alamat                       : Jalan Mulya Bakti No 23 Madiun

Nama Yayasan          : Darul Madinah

Madiun, sebuah kota yang hingga saat ini tak lepas dari stigma negatif. Selain stigma sebagai kota tempat kelahiran paham komunis yang sering disebut PKI, Madiun juga tak lepas dari aksi tawuran antar warga pencak silat yang terdengar dari berbagai media.

Tapi dari sisi lain stigma negatif, Madiun pun melahirkan sosok intelektual dan leader. Sebut saja Menko Polkam Djoko Suyanto dalam kabinet Indonesia Bersatu Jilid II, beliau adalah putra daerah Madiun. Belum berhenti di situ, Gubernur Jawa Timur Soekarwo juga putra daerah Madiun. Artinya stigma negatif juga diimbangi kelebihan yang tertanam dalam pandangan masyarakat.

Namun, Madiun tidak hanya lepas dari dua stigma di atas. Di Madiun juga terdapat lembaga pendidikan di bawah payung ormas Islam Hidayatullah yang ikut berpartisipasi mencetak generasi bangsa yang berkualitias.

Hidayatullah Madiun terletak di jantung kota penghasil jajanan brem tersebut. Tepatnya di Kelurahan Mojorejo, Kecamatan Taman, jalan Mulya Bhakti 23 Madiun. Tidak terlalu sulit mendapatkan lokasi Hidayatullah Madiun. Hal itu karena lokasinya berada pada jalan menuju arah kabupaten Ponorogo.

Hidayatullah Madiun lahir dari kerja keras dai muda. Tidak hanya muda, tapi dai ini juga spesialis medis bagian gigi. Drg Fathul Adhim namanya. Berawal hanya tanah seluas 1000 m2, kini meluas menjadi 8000 m2.

 

Jika di beberapa cbang Hidayatullah memberikan efek unggulan lembaga pendidikan dari tingkat KB TK hingga perguruan tinggi. Hidayatullah Madiun pun ikut memberikan warna iklim pendidikan di lingkup ormas Hidayatullah.

Tercatat mulai tingkat KB TK sudah berdiri. Disusul dengan SMP Putri Darul Madinah Hidayatullah Madiun yang cukup dikenal di lingkungan internal Hidayatullah juga warga Madiun Kota. Serta lembaga zakat BMH.

Bukan tanpa alasan, ketenaran SMP ini karena prestasi yang dituainya. Maka warga Madiun kenal bukan hanya karena intensnya pengurus melakukan ekspansi berupa silaturahmi, namun juga karena prestasi siswanya.

Santrinya berasala dari berbagai kota di Jawa Timur dan luar Jawa. Sementara santri putra yang bermukim di pondok juga berasal dari daerah yang sama. Sama seperti santri di Hidayatullah lainnya, seluruh santri yang mukim mendapat beasiswa kader. Mereka dibiayai sekolah, selanjutnya dijadikan generasi penerus pengurus lembaga.

Tahun 2000 hingga tahun  2010, kepengurusan PD Hidayatullah Madiun berada di pundak Ustadz Ahmad Hebni Syarif sebagai ketua, Ustadz Agus Gumarwan sebagai Sekretaris, sedang Ustadz Asyngari sebagai Bendahara.

Kepengurusan PD tahun amanah 2010 hingga sekarang berada di pundak Ustadz Asyngari sebagai ketua, Ustadz Agus Gumarwan sebagai sekretaris, serta Ustadz Soerojo sebagai Bendahara.

Pada masa itu mulai tumbuh beberapa kemajuan. Seperti kedekatan antara lembaga dengan pemerintah kota Madiun yang sering terjalin silaturahmi dalam berbagai acara.

Selain di dalam kota, Hidayatullah Madiun kini juga memiliki tanah wakaf di daerah Kare, Kabupaten Madiun. Sementara ini, kebun yang luas tersebut digunakan untuk perkebunan serta sering dimanfaatkan untuk kegiatan outbond santri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>